Cara Setting Repeater Yaesu VX6

cara seting duplek  untuk frequensi Repeater RPU RADIO yaesu: 

  1. Pada mode VFO, masukkan Frek RX.
    2. Simpan pada Memory dengan pencet FW 1 kali dan arahkan ke nomor memory lalu pencet lagi 1x (contoh memory 1)
    3. Masih di mode VFO, masukkan Frek TX.JANGAN LUPA TSQ,DCS diseting dulu bila pakai tsq atau dcs
    4. Simpan Memory TX dengan menimpa nomor memory RX, caranya pencet FW lalu putar dial ke nomor memory RX (contoh tadi memory 1), setelah ke angka memory 1, tekan dan tahan PTT lalu pencet FW satu kali.
    5. ke mode memory, lihat apakah pada nomor memory 1 tadi keluar tanda + – di bagian atas .
    6.  anda sudah berhasil memprogram  duplex pada VX-6R

  Yaesu seri VX-170, VX-400, FT-250, FT270, FT-60:

  1. Masuk mode VFO (boleh a atau b), tekan tombol angka untuk memilih frekuensi receive repeater, pada saat ini anda sudah harus bisa mendengarkan pancaran repeater.
  2. Save dengan cara tekan MR/MW sampai display nomor channel berkedip2, silakan pilih channel dimana akan disave (CATAT di channel berapa), tekan MR/MW sekejab untuk save dan otomatis kembali ke mode VFO lagi.
  3. Tekan tombol angka untuk memilih frekuensi TX untuk akses repeater.
  4. Setting tone repeater (optional): tekan F lalu tombol1 (SQ TYP), pilih mode TN ENC jika memakai tone CTCSS, atau DCS untuk tone DCS. Tekan F kembali untuk save. Akan ada T (CTCSS) atau D (DCS) di layar display HT. Tekan F lalu tombol angka 2 (CODE), lalu pilih tone yang diinginkan, lalu tekan F lagi untuk save dan kembali ke mode VFO.
  5. Sekarang saatnya save frek TX ke dalam channel yang sama sebelumnya (lihat catatan di nomor 2 di atas). Tekan MR/MW hingga angka channel kedip2, pilih channel yg sama dengan channel dimana frekwensi RX tadi disimpan, lalu tekan dan tahan PTT (jangan kuatir, pesawat tidak akan transmit pada saat ini), sewaktu PTT masih ditekan, tekan tombol MR/MW untuk save.
  6. Jika benar, di layar akan tampak T kedip2 dan ada tanda – + di display HT. Silakan cek dengan menekan PTT, maka frekuensi akan berubah sesuai frek TX repeater.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *